PPKM 2024

MA Assholach Kejeron

PPKM 2024

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah.

INSTRUMEN PENILAIAN KEPALA MADRASAH (PKKM) 2024

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi:

01
Usaha Pengembangan Madrasah
02
Pelaksanaan Tugas Manajerial
03
Pengembangan Kewirausahaan
04
Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

1. Usaha Pengembangan Madrasah

1.1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan.

1.1.1.

Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan program.

Dokumen struktur madrasah. Melalui observasi dan studi dokumen:

  1. bagan/struktur organisasi
  2. notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi
  3. dokumen sosialisasi
  4. Daftar Hadir.

1.1.2.

Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhan.

Dokumen uraian tugas personalia di madrasah. Melalui studi dokumen:

  1. dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi madrasah
  2. rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah; (rincian tugas ada pada program kepala madrasah)
  3. SOP Personalia; dan
  4. Sertifikat.

1.1.3.

Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah.

Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah. Melalui obsevasi dokumen: SOP madrasah.

1.2. Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.

1.2.1.

Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah.

Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya.

  1. visi dan Misi madrasah; (ada di RKM)
  2. data prestasi madrasah;
  3. dan prestasi peserta didik
  4. data hasil UN 3 tahun terahir;
  5. Data Alumni.

1.2.2.

Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul.

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas.

  1. bagan/struktur organisasi;
  2. SK;
  3. tugas dan fungsi (dalam program kerja kamad);
  4. Terbentuknya MGMP;
  5. Program MGMP; dan
  6. Laporan kegiatan MGMP.

1.2.3.

Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaran.

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogram,

  1. KTSP
  2. kalender pendidikan
  3. perangkat pembelajaran
  4. penilaian
    • Penilaian oleh guru
    • PAS
    • PAT
  5. peraturan akademik.

1.2.4.

Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasah.

Dokumen bukti perkembangan potensi dan prestasi peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu.

  1. data prestasi madrasah 1 tahun terahir; data prestasi siswa 1 tahun terakhir
  2. data hasil UN 1 tahun terahir;
  3. Dokumen Akreditasi; dan
  4. Program Ekstrakurikuler.

1.3. Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan.

1.3.1.

Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat.,

  1. SK komite madasah
  2. AD/ART komite madrasah
  3. program kerja komite madrasah
  4. laporan kegiatan komite madrasah; dan
  5. dokumen tertulis kerja sama (MUO).

1.3.2.

Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat.

  1. SK komite madasah
  2. AD/ART komite madrasah
  3. program kerja komite madrasah
  4. laporan kegiatan komite madrasah; dan
  5. dokumen tertulis kerja sama (MUO).

1.3.3.

Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat.

Data hasil kerjasama dengan lembega pemerintah, swasta, dan masyarakat. Melalui studi dokumen: Laporan kegiatan kerja sama.

1.4. Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional.

1.4.1.

Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi.

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar ini.

  1. KTSP
  2. kalender pendidikan
  3. perangkat pembelajaran
  4. penilaian
    • Penilaian oleh guru
    • PAS
    • PAT
  5. peraturan akademik; dan
  6. Buku Kerja Guru.

1.4.2.

Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses.

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar proses.

  1. dokumen pengembangan silabus
  2. RPP
  3. RPE
  4. buku teks
  5. jurnal mengajar guru; dan
  6. data siswa.

1.4.3.

Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian.

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar penilaian.

  1. instrumen penilaian;
  2. kisi-kisi soal;
  3. kumpulan nakah soal;
  4. analisis butir soal;
  5. dokumen analisis hasil belajar siswa;
  6. laporan hasil belajar siswa;
  7. tindak lanjut hasil penilaian;
  8. dokumen pelaksanaan PAS; dan
  9. dokumen pelaksanaan PAT.

1.4.4.

Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan.

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar kompetensi lulusan.

  1. dokumen program kegiatan kesiswaan;
  2. laporan kegiatan kesiswaan;
  3. dokumentasi kegiatan kesiswaan;
  4. laporan kegiatan pembiasaan siswa;
  5. dokumen kegiatan literasi;
  6. data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir;
  7. data prestasi akademik 2 tahun terahir; dan
  8. data prestasi non akademik 2 tahun terakhir.
  9. Daftar siswa berprestasi 2022

1.5. Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.

1.5.1.

Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peerta didik.

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar penilaian.Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll (Kosongkan jika RA).

  1. luas memenuhi sesuai standar;
  2. sarana pendukung lab; Sarana pendukung Lab. IPA Sarana pendukung Lab. Kom
  3. jurnal laboratorium; jurnal laboratorium IPA, jurnal laboratorium Komputer
  4. Program Pengembangan Sarpras. Program Pengembangan Lab. IPA Program pengembangan Lab. Kom

1.5.2.

Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik.

Adanya bukti pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

  1. luas memenuhi sesuai standar;
  2. sarana pendukung;
  3. daftar buku induk perpustakaan; dan
  4. laporan/statistic pengelolaan perpustakaan.

1.5.3.

Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah.

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran. Melalui studi dokumen: data/laporan kegiatan usaha madrasah

1.5.4.

Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll.

  1. instrumen hasil praktek pembelajaran; dan
  2. foto kegiatan praktik.

1.6. Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.

1.6.1.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran. Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasah.

  1. fasilitas teknologi dan informasi; website madrasah, apk android, facebook, instagram, whatsapp, telegram, google site, google drive, google form, spreadsheets, office (word, excel, power point, pdf) jaringan internet, desktop, laptop, komputer, kabel lan, microtic, router, hard disk portable, flash disk, dvdrw, paket cd LCD proyektor dan TV android.
  2. sumber daya informasi. Tenaga Pendidik yang sebagian besar mempunyai kemampuan teknologi informasi dan komunikasi Tenaga Kependidikan yang mempunyai kemampuan merata yang mumpuni dalam mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi

1.6.2.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaran.

Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaran.

  1. ketersediaan komputer; seluruh guru punya laptop
  2. jaringan internet;
  3. website madrasah;
  4. alamat email madrasah; dan
  5. pemanfaatn TIK untuk pembelajaran.

1.6.3.

Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain.

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain.

  1. pengelolaan SIM; Pedoman Pengelolan SIM
  2. fasilitas SIM; website madrasah, apk android, facebook, instagram, whatsapp, telegram, google site, google drive, google form, linktree, spreadsheets, office (word, excel, power point, pdf) jaringan internet, desktop, laptop, komputer, kabel lan, microtic, router, hard disk portable, flash disk, dvdrw, paket cd LCD proyektor dan TV android.
  3. surat tugas pengelola SIM; dan
  4. pelaporan data dan informasi. (didokumentasikan dalam komputasi awan (cloud) dan bisa diakses melalui website madrasah dan apk andoid)

1.6.4.

Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai.

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapai

  1. pengelolaan SIM; Pedoman Pengelolan SIM
  2. fasilitas SIM; website madrasah, apk android, facebook, instagram, whatsapp, telegram, google site, google drive, google form, linktree, spreadsheets, office (word, excel, power point, pdf) jaringan internet, desktop, laptop, komputer, kabel lan, microtic, router, hard disk portable, flash disk, dvdrw, paket cd LCD proyektor dan TV android.
  3. surat tugas pengelola SIM; dan
  4. pelaporan data dan informasi. (didokumentasikan dalam komputasi awan (cloud) dan bisa diakses melalui website madrasah dan apk andoid)

1.7. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah.

1.7.2.

Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan.
Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:

  1. jumlah komputer dan LCD yang cukup;
  2. memiliki jaringan internet;
  3. memiliki web sekolah;
  4. memiliki e-mail madrasah; dan
  5. Memanfaatkan TIK untuk administrasi madrasah.
    website madrasah, apk android, facebook, instagram, whatsapp, telegram, google site, google drive, google form, linktree, spreadsheets, office (word, excel, power point, pdf) jaringan internet, desktop, laptop, komputer, kabel lan, microtic, router, hard disk portable, flash disk, dvdrw, paket cd LCD proyektor dan TV android.

1.7.2.

Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet.
Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:

  1. jumlah komputer dan LCD yang cukup;
  2. memiliki jaringan internet;
  3. memiliki web sekolah;
  4. memiliki e-mail madrasah; dan
  5. memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.
    WA group. google form, google drive, slide power point, video pembelajaran (real dan animasi), youtube

1.7.3.

Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet.

  1. katalog digital;
  2. BSE;
  3. akses internet
  4. komputer
  5. dokumen dan aplikasi layanan perpustakaan.

2. Pelaksanaan Tugas Manajerial

2.1. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

2.1.1.

Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP

Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi SNP.

  1. Dokumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM); dan
  2. Dokumen RJMK dan RKT berbasis EDM

2.1.2.

Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya.

Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama.

  1. visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad; dan
  2. berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi.

2.1.3.

Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur

Dokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasah.

  1. program kerja; dan
  2. RKJM dan RKTM

2.1.4.

Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program

Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program.

  1. RKJM
  2. RKTM
2.2. Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

2.2.1.

Mampu memberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan.

Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah

  1. finggerprint kehadiran kamad; dan
  2. daftar hadir pada kegiatan di madrasah, Laporan Kegiatan Harian dan foto kegiatan di madrasah

2.2.2.

Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan.

2.2.3.

Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.

Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencankan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya.

2.2.4.

Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar.

Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah.

  1. koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan; dan
  2. karya tulis yang diterbitkan atau tidak.
2.3. Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.

2.3.1.

Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan nonakademik peserta didik

Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya.

  1. peningkatan KKM;
  2. hasil UN;
  3. program keunggulan dan inovasi baik akademik maupun non akademik; dan
  4. data prestasi akademik dan non akademik.
  5. Daftar siswa berprestasi 2022

2.3.2.

Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlakuMampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik

Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik.

Observasi lingkungan madrasah: suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik

2.3.3.

Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik.

Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah.

  1. rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi;
  2. dokumen kegiatan pengembangan budaya baca; dan
  3. dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa.

2.3.4.

Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik bagi peserta didik

Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan nonakademik.

  1. dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah; dan
  2. daftar perolehan piagam, penghargaan, piala, trofi perlombaan disemua jenjang.
  3. Daftar siswa berprestasi 2024
2.4. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal.

2.4.1.

Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan.

Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasah.

Studi dokumen dan wawancara: program kerja kepala madrasah

2.4.2.

Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasah

Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru.

2.4.3.

Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensi

Data dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi.

  1. buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); dan
  2. laporan kinerja kepala madrasah dan TPK

2.4.4.

Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasah

Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

  1. program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik; dan
  2. laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik
2.5. Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.

2.5.1.

Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan).

Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah dikelola dengan baik.

  1. buku inventaris; dan
  2. buku pemeliharaan sarana dan prasarana.

2.5.2.

Mampu mengelola perpustakaan madrasah

Data perpustakaan dikelola dengan baik.

  1. buku induk perpustakaan; dan
  2. buku/data/grafik layanan perpustakaan.

2.5.3.

Mampu mengelola laboratorium madrasah

Data laboratorium dikelola dengan baik.

  1. daftar inventaris laboratorium; dan
  2. buku/jurnal/ data/grafik layanan laboratorium

2.5.4.

Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb)

Data fasilitas penunjang terkola dengan baik
Observasi fisik, wawancara dan studi dokumen: data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola oleh madrasah

2.6. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik.

2.6.1.

Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi peserta didik.

Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal.

  1. dokumen program penerimaan peserta didik baru;
  2. brosur; dan
  3. data hasil analisis kemampuan peserta didik baru

2.6.2.

Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.

Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.

Observasi dan studi dokumen: program pengembangan diri peserta didik.

2.6.3.

Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai.

Data program kegiatan akademik dan nonakademik melalui penanaman nilai – nilai.

  1. program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya; dan
  2. dokumentasi kegiatan.

2.6.4.

Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal

Data keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

  1. program kegiatan pengembangan diri;
  2. dokumentasi kegiatan; terdapat di dalam laporan kegiatan pengambangan diri
  3. data prestasi siswa, Daftar siswa berprestasi 2024, guru dan tendik.

2.7. Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional.

2.7.1.

Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, Rapat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG.

Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau kegiatan MGMP/KKG.

  1. dokumen kurikulum yang berlaku;
  2. SK tim pengembang kurikulum; dan
  3. dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen).

2.7.2.

Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik.

Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik.

  1. struktur kurikulum;
  2. jadwal pelajaran;
  3. daftar hadir guru; dan
  4. peraturan akademik.

2.7.3.

Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.

Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan, proses, pembelajaran.

  1. program MGMP di madrasah; dan
  2. laporan pelaksanaan MGMP.

2.7.4.

Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan.

Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain.

Observasi kelas, studi dokumen wawancara dengan siswa dan guru: menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP.

2.7.5.

Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan nonakademik

Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik.

  1. program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik); dan
  2. data prestasi akademik maupun non akademik.
2.8. Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien.

2.8.1.

Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Dokumen RKJM dan RKTM.

  1. RKJM dan RKTM;
  2. laporan keuangan; dan
  3. buku kas.

2.8.2.

Mampu mengupayaan sumber-sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah

Dokumen RKJM dan RKTM.

2.8.3.

MaMampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi.

Dokumen RKJM dan RKTM.

2.8.4.

Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel.

Dokumen RKJM dan RKTM.

  1. RKJM dan RKTM;
  2. laporan keuangan; dan
  3. buku kas.
2.9. Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah.

2.9.1.

Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku

Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

2.9.2.

Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah.

  1. administrasi madrasah
  2. tata usaha (bendahara, keuangan, kepegawaian, kesiswaan, sarpras, dan persuratan)
  3. akademik,
  4. kesiswaan
  5. sarana/prasarana,
  6. keuangan, dan
  7. hubungan madrasah dengan masyarakat)

2.9.3.

Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnya

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah.

2.8.4.

Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisik

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah.

2.10. Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.

2.10.1.

Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilai

Dokumen SKP yang terukur

2.10.2.

Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuai

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai.

Melalui studi dokumen: pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai.

2.10.3.

Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasi.

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi.

2.10.4.

Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnya

Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring dan evaluasi.

3. Pelaksanaan Tugas Manajerial

3.1. Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah.

3.1.1.

Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah.

Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Program pengembangan kewirausahaan

3.1.2.

Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah

Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik. Melalui obsevasi:

  1. pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas;
  2. membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas; dan
  3. pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas.

3.1.3.

Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasi

Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berpikir kreatif dan inovatif.
Melalui observasi dan studi dokumen:

  1. data Jenis usaha produktif yang dimiki;

    Pengembangan Prakarya (kerajinan tangan) bisa di lihat sampelnya di manual

  2. program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.

4.1.4.

Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru

Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian utuk melakukan hal – hal baru.
Melalui observasi dan studi dokumen:

  1. data Jenis usaha produktif yang dimiliki;

    Pengembangan Prakarya (kerajinan tangan) bisa di lihat sampelnya di manual

  2. program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.
3.2. Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif.

3.2.1.

Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

Adanya bukti kegiatan yang kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak.
Melalui observasi dan studi dokumen:

  1. RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif;
  2. hasil kerja dan karya siswa; dan
  3. foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa.

3.2.2.

Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

Adanya bukti kegiatan pemberdayaanpotensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

  1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ;
  2. dokumen penanganan permasalahan/ kasus;
  3. dokumen hasil kegiatan sekolah;Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website
  4. dokumen hasil kegiatan;Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website
  5. pengembangan madrasah.

3.2.3.

Mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasah

Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasah.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

  1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ;
  2. dokumen penanganan permasalahan/ kasus;
  3. dokumen hasil kegiatan sekolah;

    Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

  4. dokumen hasil kegiatan;

    Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

  5. pengembangan madrasah.

3.2.4.

Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:
Rencana Pengembangan Madrasah.

3.2.5.

Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:
Rencana Pengembangan Madrasah.

3.3. Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah.

3.3.1.

Bersedia belajar dari orang lain

Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

  1. forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; dan
  2. foto foto kegiatan.

    Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

3.3.2.

Ingin selalu melakukan yang terbaik

Adanya bukti keinginan selalu berkelakukan yang terbaik.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

  1. dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan;

    Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

  2. keikut sertaan dalam lomba lomba pembelajaran/ pendidikan maupun manajemen;
  3. prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan dan kepala madrasah.

    Penghargaan dari Kepala Madrasah, Kepala Kemenag dan Lembaga lain.

3.3.3.

Menciptakan perubahan yang kuat

Adanya bukti keinginan untuk melakkukan perubahan yang kuat.
Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

  1. program inovasi madrasah atau Rencana Pengembangan Madrasah (RPM); dan
  2. laporan target yang sudah dicapai.
3.4. Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah.

3.4.1.

Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan.

Studi dokumen dan wawancara:

  1. MoU dengan pihak lain;
  2. sister school; dan
  3. kemitraan dengan sekolah lain

    Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

3.4.2.

Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

 

Adanya bukti kagiatan yang menunjukkan sikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah.

Dokumen kegiatan dan foto
Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

3.4.3.

Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain

Adanya bukti sikap simpatik/ tenggang rasa terhadap orang lain.

Melalui studi dokumen kegiatan dan foto.
Berita Kegiatan madrasah yang termuat di Website

3.5. Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik.

3.5.1.

Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan potensi madrasah

Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah.

Melalui studi dokumen: laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.

3.5.2.

Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang rofessional dan akuntabel

Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang professional dan akuntabel.

Melalui studi dokumen: laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.

3.5.3.

3. Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan

Adanya dokumen pelaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

  1. laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi;
  2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan
  3. Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.

3.5.4.

Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya

Adanya dokumen pengembangan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya.
Melalui wawancara dan studi dokumen:

  1. laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi;
  2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan
  3. Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.

4. Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan

4.1. Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

4.1.1.

Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Terdapat rumusan masalah yang Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

Melalui studi dokumen:

  1. program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran;
  2. jadwal pelaksanaan supervisi; dan
  3. SK tim supervisor.

4.1.2.

Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.

Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.Melalui studi dokumen:

  1. Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; dan
  2. jadwal pelaksanaan supervisi.

4.1.3.

Mampu mengembangkan instrumen supervisi.

Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pecapaian tujuan madrasah.Melalui studi dokumen:

instrumen supervisi pembelajaran

4.2. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

4.2.1.

Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi.

Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati.

Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran

4.2.2.

Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi.

Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi.

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

  1. instrumen supervisi pembelajaran; dan
  2. dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.

4.2.3.

Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasi

Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

analisis hasil supervisi pembelajaran

4.2.4.

Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan.

Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

  1. dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan
  2. program kegiatan workshop/diklat untuk guru.
4.3. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

4.3.1.

Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar.

Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar.

Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran.

4.3.2.

Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru

Dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala.

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

  1. instrumen supervisi pembelajaran; dan
  2. dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.

4.3.3.

Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindak lanjut kegiatan supervisi.

Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

analisis hasil supervisi pembelajaran.

4.3.4.

4. Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya.

Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya.

Melalui wawancara dan studi dokumen:

  1. dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan
  2. program kegiatan workshop/diklat untuk guru.