MA Assholach – Madrasah Aliyah Assholach Kejeron melaksanakan pembagian rapot hasil penilaian semester satu kepada seluruh siswa siswinya. Pembagian Raport ini dilaksanakan hari Ahad (25 Desember 2022) pukul 07.00-10.30 WIB di kelas masing-masing.
Kepala Madrasah Assholach Dr. Ahmad Adip Muhdi, M.H.I saat diruangannya menerangkan, raport tersebut merupakan hasil ujian seluruh mata pelajaran para siswa kelas 10, 11 dan 12 selama semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023.
Pembagian raport bertujuan untuk memberitahukan nilai siswa selama pembelajaran beberapa bulan. Nilai yang ditunjukkan kepada siswa di raport ini adalah nilai asli. Dengan raport siswa dapat mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, memotivasi diri untuk belajar lebih baik, dan memperbaiki strategi belajar.
Pak Adip menambahkan, pemberian sertifikat yang diumumkan di kelas dengan dihadiri murid dan para wali murid tersebut, diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk lebih berprestasi ke depannya. “Sebab perlu diketahui, saat ini prestasi akademis juga masih menjadi salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi dan dunia kerja,” sebutnya.
“Alhamdulillah, pelaksanaan pembagian raport dan sertifikat MA Assholach berlangsung lancar, disambut dengan rasa senang, gembira dan bahagia oleh semuanya,” ujar Pak Adip
Wali kelas X IPS Putra, Ela Deviarti, S.Pd mengatakan, MA Assholach tidak lagi memakai kurikulum 2013 lagi, tetapi memakai kurikulum baru yaitu Kurikulum Nasional yang merupakan gabungan antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. “Predikat yang tercantum di raport seperti A, B, C, D tidak berpengaruh dalam nilai. Nilai yang di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) itu sudah aman meskipun predikatnya C,” tambahnya
Beberapa manfaat dengan adanya raport bagi orangtua siswa adalah mengetahui perkembangan anaknya sehingga orangtua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah. Selain itu bagi guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat.
“Setelah pembagian raport ini diharapkan semua siswa dapat memperbaiki nilainya agar di raport akhir semester nanti tidak ada nilai yang mengecewakan,” tutup Ustadzah Ela